Pengertian Rekrutmen menurut Para Ahli

Sebelum membicarakan permasalahan rekrutmen, sebaiknya kita harus mengetahui definisi dari rekrutmen. Definisi rekrutmen menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut :

  • Menurut DR. Fautino Cardoso Gomes, M.Si, adalah proses mencari, menemukan, dan menarik para pelamar untuk dipekerjakan dalam dan oleh suatu lembaga.
  • Menurut Robert L.Mathis, adalah proses menghasilkan suatu kelompok pelamar yang memenuhi syarat untuk pekerjaan.
  • Menurut Soekidjo Notoadmodjo, adalah proses pencarian dan pemikatan para calon tenaga kerja yang mempunyai kemampuan sesuai dengan rencana kebutuhan suatu organisasi.
  • Menurut Dr. Ir. Tb. Sjafri Mangkuprawira, adalah suatu proses penarikan sekelompok kandidat untuk mengisi posisi yang lowong.

Rekrutmen dan seleksi kerja dibutuhkan untuk mendapatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat pula. Penempatan yang salah seringkali menimbulkan permasalahan dan mempengaruhi produktivitas kerja, sehingga organisasi akan dirugikan. Psikotest dan interview merupakan metode ataupun alat pengumpul informasi yang dapat di analisa dan digunakan sebagai acuan dalam pengambilan kesimpulan dan keputusan dalam penerimaan kerja, penilaian kinerja, dan evaluasi kerja.

Cara-cara Rekrutment

Sebuah perusahaan/organisasi umumnya menggunakan beberapa strategi dan cara dalam rekrutmen tenaga kerja. Cara rekrutmen eksternal dapat dilakukan melalui pengiklanan, rekomendasi dari internal perusahaan lain, penyedia tenaga kerja, rekrutmen dari lembaga pendidikan, lembaga pemerintah, inisiatif pelamar dan Sosmed (Sosial Media).

Baca Juga :  Tes Psikologi Verbal

1. Rekomendasi dari Internal Perusahaan atau Employee Referral

Saat melakukan rekrutmen dari luar, pihak manajemen perusahaan bisa mengumumkan kepada karyawannya guna memberikan rekomendasi. Pegawai/karyawan perusahaan yang bersangkutan dapat mengajukan anggota keluarganya, atau mungkin teman-temannya bahkan kenalannya yang cocok untuk mengisi posisi yang lowong tersebut.

2. Iklan atau Job Advertisements

Iklan adalah salah satu cara yang paling umum untuk rekrutmen eksternal. Iklan ini berupa iklan yang dicetak di koran lokal, nasional ataupun internasional. Selain media cetak (koran, majalah, tabloid), untuk menarik pelamar, iklan juga dapat dilakukan pada media lainnya seperti Televisi, Radio, Website dan Media Sosial seperti Facebook dan Twitter.

3. Lembaga Pendidikan atau Educational Institution)

Pada masalah-masalah tertentu, perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja akan menghubungi sekolah-sekolah atau kampus untuk mendapatkan calon yang berpotensi untuk menjadi karyawannya. Rekrutmen melalui lembaga pendidikan ini biasanya hanya mendapatkan tenaga kerja yang kurang berpengalaman dalam bekerja karena mereka baru akan dijadikan karyawan setelah tamat dari sekolahnya. Namun ada juga sekolah yang memiliki kontak dengan Alumni-nya sehingga berkesempatan untuk mendapatkan pelamar-pelamar yang memang sudah berpengalaman pada bidang yang diinginkan.

4. Perusahaan Penyedia Tenaga Kerja atau Employment and Recruitment Agencies

Perusahaan yang memerlukan tenaga kerja kadang-kadang juga menggunakan jasa agen atau perusahaan penyedia tenaga kerja untuk mengisi posisi yang lowong. Agen penyedia tenaga kerja pada umumnya akan mencari dan melakukan penyeleksian awal terhadap pelamar kerja sebelum menyerahkan pelamar yang bersangkutan ke perusahaan yang memintanya.

5. Lembaga Pemerintahan atau Government Job Center)

Job Center pada lembaga Pemerintahan biasanya menawarkan layanan iklan sebagai bagian dari upaya mengurangi pengangguran dan pengembangan kerja bagi masyarakat yang dilayaninya. Pemerintah, khususnya Departemen atau Dinas Tenaga Kerja akan mendata para pencari kerja dan memfasilitasi para pencari kerja dengan perusahaan yang memerlukan tenaga kerja.

Baca Juga :  TES PSIKOLOGI KEPRIBADIAN

Tes Tulis dan Wawancara

Ada beberapa macam tes tulis dalam tahapan seleksi kerja di perusahaan BUMN atau swasta, antara lain :.

1. GAT atau General Aptitude Test

Tahapan tes yang pertama yaitu General Aptitude Test atau GAT. Perlu untuk diketahui bahwa jenis tes tertulis ini memiliki tujuan untuk menguji kemampuan serta bakat dari pelamar kerja. Tes ini juga dilakukan untuk mengukur IQ peserta tes. Pastikan untuk fokus agar dapat mengerjakan secara optimal. Selain itu, beberapa soal-soal yang diberikan beragam. Antara lain berupa numerik, linguistik, logika, dan pengetahuan umum. Kunci sukses tes ini, banyaklah belajar dari contoh-contoh soal GAT yang bisa Anda cari di internet.

2. Tes Akademik

Dari namanya saja sudah ada tambahan kata akademis yang akan berhubungan dengan dunia akademis. Sebenarnya, tes ini memiliki tujuan untuk menguji kompetensi peserta terhadap bidang studi yang dikuasainya. Selain itu, tes ini digunakan guna mengetahui pengetahuan terkait job desc pekerjaan yang dilamar. Tak berhenti sampai di situ, bahkan tes ini umumnya juga digunakan untuk mengetahui kedalaman pengetahuan terkait jobdesc posisi yang akan dilamar.

3. Tes Psikotes

Tes yang satu ini cukup umum digunakan di berbagai perusahaan. Bahkan, hampir seluruh BUMN maupun PT swasta mensyaratkan psikotes untuk rekrutmen terbuka. Pasalnya, tes ini sangat efektif mengingat selain bisa menguji kemampuan intelegensi secara umum, psikotes juga memiliki aspek untuk menguji kepribadian kandidat. Jika ingin sukses di tahap ini, ada baiknya kamu mempelajari contoh-contoh dan kiat sukses psikotes yang telah banyak dibukukan.

4. Tes Bahasa Asing (Inggris)

Sebagaimana kita tahu bahwa perusahaan yang bersaing secara nasional dan internasional, karyawan BUMN atau PT swasta di kelas nasional/internasional tentu akan mensyaratkan para calon karawannya untuk memiliki nilai plus menguasai bahasa internasional. Dalam hal ini yang wajib biasanya yaitu penguasaan bahasa Inggris. Tahap tertulis ini akan mengetes kemampuan bahasa Inggris secara tertulis, dan terkadang diadakan dalam bentuk tes TOEFL. Hal ini perlu untuk Anda pelajari mengingat di era pasar bebas ini, tentu diperlukan kemampuan bahasa asing (minimal bahasa Inggris) sebagai media untuk berkomunikasi.

Baca Juga :  KARAKTER EMPATI

Bila anda ingin rekrutmen, promosi jabatan, pemetaan karyawan perusahaan, hubungi kami di 089665529596 atau buka DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *