Tes Psikologi Verbal

Arti Verbal

Sebelum kita mengulas tentang tes verbal lebih jauh, alangkah baiknya bila kita memahami dulu arti kata verbal. Arti kata verbal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah /ver- bal/vérbal/ secara lisan (bukan tertulis), sedangkan kemampuan verbal adalah kemampuan seorang dalam bidang bahasa yang bisa diukur dengan tes pengetahuan verbal berupa kosakata atau perbedaharaan kata, padanan kata atau verbal analogi, persamaan kata atau sinonim, lawan kata atau antonim serta verbal lainnya.

Tes Kemampuan Verbal

Sedangkan Tes kemampuan verbal sendiri adalah tes yang dipergunakan pada saat psikotes atau tes psikologi yang tujuannya untuk mengukur kecakapan dan kemampuan bahasa seseorang, baik itu lisan maupun tulisan, serta tes verbal ini dapat digunakan untuk menentukan sejauh mana seseorang seseorang bisa memahami mengenai perihal yang disampaikan.

Ada juga yang mengatakan bahwa Psikotes Verbal adalah tes psikologi yang berguna untuk mengukur kecakapan dan kemampuan bahasa seseorang, baik itu tulisan maupun lisan.

Adanya kemampuan verbal yang baik, seseorang atau komunikan (pendengar atau pembaca) mudah untuk memahami pesan baik itu secara tertulis (written) atau secara lisan (oral) yang disampaikan oleh komunikator.

Kemampuan verbal berhubungan erat dengan inteligensi seseorang. Semakin tinggi tingkat inteligensi seseorang biasanya mempunyai tingkat pengetahuan umum atau informasi serta wawasan yang luas.

Tes verbal berkaitan dengan kemampuan bahasa serta tingkat pendidikan seseorang, jika seseorang mempunyai perbendaharaan kata (vocabulary) yang luas maka tinggi pula tingkat inteligensinya.

Kegunaan tes verbal adalah untuk mengetahui kemampuan bahasa dan perbendaharaan kata seseorang dalam mencari kata-kata pada persamaan kata atau sinonim, dapat mencari kata yang berlawanan arti atau antonim, dapat mengelompokan kata, memiliki kemampuan pola analogi dan kemampuan verbal lainnya.

Baca Juga  Lembaga Jasa Psikologi

Kiat-kiat untuk dapat menyelesaikan berbagai tes jenis verbal ini dengan banyak membaca buku agar mempunyai perbedaharaan kata (vocabulary) yang banyak serta mempunyai daya ingat yang tinggi dapat membantu anda dalam menjawab soal-soal dalam pertanyaan tes verbal.

Jenis-Jenis Tes Verbal

Berikut jenis soal verbal, yang biasa di pakai pada tes psikologi dan tes iq:

Penambahan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan bagian penting, baik dari proses pembelajaran suatu Bahasa ataupun pengembangan kemampuan seseorang dalam suatu Bahasa yang dikuasainya. Seorang siswa sekolah sering diajarkan kata-kata baru sebagai bagian dari mata pelajaran tertentu dan banyak pula orang dewasa yang menganggap pembentukan kosakata sebagai suatu kegiatan yang menarik dan edukatif.

Arti dari sinonim adalah kata yang memiliki bentuk yang berbeda tetapi mempunyai arti yang sama. Sinonim bisa juga disebut sebagai persamaan kata atau padanan kata.

Definisi antonim adalah suatu kata yang artinya berlawanan sama lainnya. Antoni mini bisa juga disebut denga lawan kata.

Arti analogi dalam ilmu Bahasa yaitu persamaan antar bentuk yang menjadi dasar terjadinya bentuk-bentuk yang lain. Analogi ini merupakan salah satu proses morfologi dimana dalam analogi, pembentukan kata baru dari kata yang telah ada.

Acak kata adalah soal yang paling banyak memakan waktu bagi seseorang pada saat tes verbal. Terdapat beberapa soal-soal yang masing-masing soal terdiri atas dua suku kata yang masing-masing suku kata tersebut diambil sebagiannya sehingga membentuk suku kata baru gabungan dari keduanya.

Apabila anda menginginkan tes verbal untuk kepentingan masuk perusahaan/kantor silahkan hubungi kami di 089665529596 untuk CHAT dengan admin (fast respon) atau klik DISINI

Baca Juga  Tahukah Jenis Pengujian Psikologis?

About the author

Berawal dari seringnya berselancar di internet, menjadikan hobi untuk menjadi seorang desain web dan digital marketing di dunia maya. Terkadang hobi muncul disaat keisengan yang terlalu sering dilakukan.

Leave a Comment